Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok pada Siswa-Siswi Kelas 1 Muh. 1 Yogyakarta

  • Diposkan oleh
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA-SISWI KELAS 1 SMU MUHAMMADIYAH 1 JOGJAKARTA
 
Latar belakang. Merokok merupakan masalah yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. Merokok sudah melanda berbagai kalangan, baik anak-anak sampai orang tua, laki- laki maupun perempuan, terlebih pada siswa-siswi SMU. Banyak faktor yang dapat menyebabkan siswa-siswi tersebut merokok. Diduga beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku merokok ini diantaranya adalah karena pengaruh orang tua, pengaruh teman, faktor kepribadian dan karena iklan. Hal ini kalau dibiarkan akan sangat berpengaruh bagi kondisi fisiknya dan selanjutnya akan menghambat prestasinya di sekolah.

Tujuan Penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi perilaku merokok pada siswa-siswi kelas 1 SMU Muhammadiyah 1 Jogjakarta.

Metode. Merupakan penelitian non eksperimental dengan metode deskiptif. Data dari subjek penelitian didapatkan dengan cara menggunakan kuesioner yang disebarkan pada seluruh siswa-siswi kelas 1 SMU Muhammadiyah 1 Jogjakarta tahun ajaran 2004/2005 yang berjumlah 412 orang. Kuesioner tersebut berisi pertanyaan mengenai status merokok dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa-siswi merokok.

Hasil. Diteliti sebanyak 412 siswa-siswi, didapatkan 32 orang siswa yang merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi perilaku merokok siswa kelas 1 SMU Muhammadiyah 1 adalah karena pengaruh teman sebesar 12,2%, iklan sebesar 5,9%, pengaruh orang tua sebesar 4% dan faktor kepribadian 1,5%. Jadi faktor yang paling berpengaruh adalah karena pengaruh teman.

Kesimpulan. Faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku merokok adalah karena pengaruh teman.
 
Kata kunci. Perilaku merokok, faktor orang tua, pengaruh teman, kepribadian dan iklan.

Pembimbing I
dr. Sunarto, M.Kes                                                                   

Pembimbing II    
dr. Siti Isti’anah