Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penentuan Pemilihan Pengobatan pada Masyarakat Nabin Kulonprogo

  • Diposkan oleh
Latar belakang. Masalah kesehatan belakangan ini semakin sering menjadi bahan pembicaraan di masyarakat, antara lain permasalahan perilaku masyarakat terhadap tenaga medis atau dokter itu sendiri. Perilaku masyarakat disini lebih difokuskan pada prilaku seseorang / sekelompok orang yang kemungkinan besar sakit, tapi mereka lebih memilih pergi ke tempat pelayanan kesehatan ataupun memilih alternatif pengobatan yang lain. Penentuan pemilihan pengobatan oleh masyarakat ini mungkin dipengaruhi beberapa faktor, seperti jauhnya letak tempat pelayanan kesehatan dari tempat tinggal pasien, mahalnya biaya pengobatan, ketidakpuasan terhadap hasil pengobatan, sikap meremehkan suatu penyakit dan maraknya kasus-kasus malpraktek medis akhir-akhir ini di Indonesia.

Tujuan penelitian. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan pemilihan alternatif pengobatan yang ada pada masyarakat Dusun Nabin.

Metode Penelitian. Jenis penelitian ini merupakan non eksperimental dan menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian meliputi tokoh masyarakat dan warga Dusun Nabin, Kabupaten Kulonprogo. Alat penelitian menggunakan panduan wawancara mendalam pada tokoh masyarakat dan beberapa arga Dusun Nabin. Data dikumpulkan dari hasil wawancara pada responden dengan cara mencatat dan merekam pada tape recorder.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan terdapat beberapa faktor yang dianggap sangat mempengaruhi masyarakat dusun Nabin dalam penentuan pemilihan pengobatan, yaitu ingkat pendidikan masyarakat, informasi kesehatan, pengobatan, dan pelayanan
kesehatan, sarana pelayanan masyarakat, tingkat ekonomi masyarakat, dan jaraka antara tempat tinggal dengan tempat pelayanan kesehatan.

Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari ketiga faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan pengobatan yaitu, faktor predisposisi, faktor pendukung, dan aktor kebutuhan semuanya memenuhi kriteria sebagai faktor yang berpengaruh secara langsung ataupun tidak lagsung terhadap penentuan pemilihan pengobatan di Dusun Nabin, Kabupaten Kulonprogo.

Kata kunci : perilaku ; penentuan alternatif pengobatan ; sakit ; kesehatan.

Pembibing utama
dr. H. P. Luthfi Ghozali. M.Kes

Pembibing pendamping
dr. Dwi Sujadir