Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Kontrasepsi Suntik di Kecamatan Ngagglik Sleman Yogyakarta

  • Diposkan oleh
Latar Belakang: Pertumbuhan jumlah penduduk di dunia yang sangat pesat dengan laju pertumbuhan yang tinggi yaitu sekitar 17,1 per seribu penduduk. Apabila tidak dilakukan upaya untuk mengatur laju pertumbuhan penduduk yang tinggi ini maka akan timbul masalah di segala aspek kehidupan seperti pada sosial-ekonomi. Munculnya konsep kesehatan reproduksi menjadi jalan keluar dalam menyelesaikan masalah di bidang kependudukan. Penggunaan kontrasepsi pada pasangan menikah di Indonesia meningkat pada 2002-2003. Yang paling meningkat pada penggunaan alat kontrasepsi adalah injeksi/suntik. Hal ini membuat peneliti ingin yang mengetahui apa yang menjadi motivasi pemilihan kontrasepsi suntik sehingga bisa diketahui bahwa peningkatan ini sesuai dengan yang menjadi harapan dan program Keluarga Berencana.

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akseptor Keluarga Berencana lebih memilih kontrasepsi suntik di kecamatan Ngaglik, Yogyakarta.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian non-eskperimental dengan pendekatan waktu kerat lintang penelitian dilakukan di wilayah kerja kecamatan Ngaglik. Cara analisa data dengan uji chi-square . Instrumen penelitian yang dipakai quesioner. Untuk mengukur item sikap menggunakan skala Likert. Untuk mencari variabel yang paling dominan dilakukan analisis multivariat dengan regresi logistik

Hasil: Ada hubungan yang bermakna antara pengguna kontrasepsi suntik dengan usia, sumber informasi, sikap dengan hasil P- v a l u e  dibawah 5%.

Simpulan: Ada hubungan yang bermakna antara pengguna kontrasepsi suntik dengan usia, sumber informasi, sikap. Sedangkan variabel tingkat pendidikan, status pekerjaan, jumlah anak, jarak fasilitas, pendapatan keluarga, dukungan suami, pengetahuan tidak ada perbedaan bermakna. Usia di bawah 35 tahun berpeluang dua kali untuk memilih kontrasepsi suntik.

Kata Kunci: kontrasepsi, suntik, motivasi.

Pembimbing Utama   
Drg. Punik Mumpuni Wijayanti, M.Kes 

Pembimbing Pendamping   
dr. Umatul Khoiriyah

 
Penulis
Mohamad Ilyas – 01711080