FK UII Selenggarakan Diskusi Panel Blok Kesehatan Olah Raga Bersama Praktisi, Pelatih dan Atlet Nasional

Foto Wibowo : Dokter Timnas U-16 dan U-19 yang juga dosen FK UII, dr. Alfan Nur Asyhar saat presentasi dalam diskusi panel Blok Kesehatan Olahraga.

Kaliurang (UII News) – Puncak kegiatan proses pembelajaran blok kesehatan olahraga FK UII sebagai blok yang pertama kali dilaksanakan diakhiri dengan  diskusi panel bertajuk ‘Pengelolaan permasalahan kesehatan dalam menunjang performa  pada atlet berbasis sports medicine’.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Blok Kesehatan Olah Raga yang juga dokter timnas PSSI U-16 dan U-19, dr. Alfan Nur Asyhar saat menyelenggarakan Diskusi Paniel Belok Kesehatan Olah Raga di ruang Gedung Kuliah Umum (GKU), Prof. Sardjito, MD, Kampus Terpadu Uiversitas Islam Indonesia (UII), Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta pada hari Senin, 05 Oktober 2015 / 22 Dzulhijah 1436 H yang dihariri oleh dosen pengampu Blok Kesehatan Olahraga beserta mahasiswa FK UII serta umum.

“Selama 3 minggu pembelajaran, mahasiswa telah mendapatkan dasar pengetahuan dan skill sports medicine tentang pengelolaan kesehatan dan kebugaran individu sehat maupun dengan penyakit degeneratif (hipertensi, DM, obesitas, penyakit jantung koroner, osteoporosis) melalui Exercise is Medicine dan clinical sports nutrition,” kata dokter Alfan.

Selain itu ditambahkan oleh dokter timnas U-16 dan U-19 bahwa dalam Blok Kesehatan Olahraga FK UII ini, ada kegiatan out door activity seperti senam aerobik/kardio dan tes kebugaran fisik/VO2 max yang  dilaksanakan tiap jumat pagi dengan tema JUMAT SEGAR (SEHAT DAN BUGAR) yang diikuti mahasiswa blok kesehatan olahraga, dosen, dan karyawan FK UII.

“Pada diskusi panel tersebut mahasiswa kami berikan wawasan seputar sports medicine terkait olahraga prestasi dengan menghadirkan narasumber tingkat nasional antara lain: dr.Ichwan Zein, Sp.KO (komite medik PSSI , konsultan ISMC Jakarta atau putra pertama dari Prof. Mahfud MD, SH, SU), dr. Alfan Nur Asyhar (dokter timnas PSSI U16 dan U19), Nadia Hanun Narruti (Sports Nutritionist/FIRST), Harun (terapis timnas PSSI ASEAN GAMES 2014), Coach Seta Nurdiantara (Football Coach B License AFC), Nova Arianto (ex.pemain  timnas Primavera/Barreti –Italia),” jelasnya.

Dalam acara tersebut juga diikuti oleh mahasiswa Prodi Jurusan ilmu Kepelatihan Olahraga FIK, UNY sebagai bentuk apresiasi terhadap blok kesehatan olahraga FK UII dikarenakan juga keterkaitan ilmu yang saling melengkapi antara medis dan olahraga demi tercapainya prestasi juara atlet.

“Harapan kami semoga keilmuan ini bisa berkembang dan dapat diaplikasikan oleh mahasiswa FK UII dan UII sebagai institusi pendidikan bisa mempunyai  Sports Medicine Center sebagai pusat pengelolaan kesehatan dan kebugaran dosen, karyawan, atlet serta sebagai media pembelajaran/laboratorium mahasiswa UII umumnya dan FK UII khususnya. Ketika tercapainya kesehatan dan kebugaran dosen-karyawan secara optimal maka produktifitas kerja yang maksimal juga akan tercapai,” demikian harapan dan pesan kepada UII dari dosen FK UII yang juga dokter timnas PSSI U-16 dan U-19, dr. Alfan Nur Asyhar. Wibowo/Tri