Efek Latihan Pernafasan Satria Nusantara terhadap Kapasitas Funsgi Paru

  • Diposkan oleh

EFEK LATIHAN PERNAFASAN SATRIA NUSANTARA TERHADAP
KAPASITAS FUNGSI PARU FEV1 PADA PESERTA PELATIHAN DASAR
SATPAM ANGKATAN III POLDA DIY

 

ABSTRAK
Olahraga dinamis mampu meningkatkan aliran darah sehingga sangat menunjang pemeliharaan jantung dan sistem pernafasan. Satria Nusantara merupakan salah satu olahraga kesehatan yang dinamis yang menggunakan fungsi paru secara maksimal.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang perubahan kapasitas fungsi paru FEV1 pada peserta Pelatihan Dasar Satpam Angkatan III Polda DIY setelah mengikuti olahraga seni pernafasan Satria Nusantara.

Penelitian dilaksanakan dengan uji eksperimental dengan desain before-after. Sampel penelitian adalah peserta Pelatihan asar Satpam Angkatan III Polda DIY yang memenuhi criteria inklusi sebanyak 30 orang.

Data diperoleh melalui pengukuran FEV1 yang selanjutnya dianalisis dengan uji statistic t-paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta pelatihan Dasar Satpam Angkatan III Polda DIY didapatkan sesudah-sebelum latihan tidak ada kenaikan FEV1 (mean= -2,467) dengan P Value (Sig. (2-tailed)) = 0,125. Sehingga dapat disimpulkan data tidak bermakna (p >0,05).

Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada efek perbaikan FEV1 pada peserta Pelatihan Dasar Satpam Angkatan II Polda DIY yang mengikuti Senam Pernafasan Satria Nusantara selama 12 hari.

Kata kunci : FEV1, kapasitas fungsi paru, olahraga pernafasan, latihan pernafasan Satria Nusantara.

 

Penulis :
Putri Dwijayanti T.

Pembimbing
dr. Zuchairi Dahlan, Sp.P

Penguji
Prof. dr. Barmawi Hisyam, Sp. PD-KP