Dosen IKM FK UII Oral Abstrak di APACPH, University of Malaya, Kuala Lumpur

  • Diposkan oleh

Kuala Lumpur (UII News) -  APACPH singkatan dari Asia-Pasific Academic Concortium for Public Health. Untuk bisa mengikuti konfrensi dalam kegiatan ini seluruh peserta wajib mengirimkan abstractnya yang terbagi dalam 11 simposium yang berfokus pada “Evolusi Kesehatan Masyarakat di kawasan Asia-Pasifik”.

Hal tersebut di sampaikan oleh dr. Pariawan Luthfi Ghazali, M.Kes saat mengikuti kegiatan The 46th APACPH Konferensi di Hilton Kuala Lumpur dari 17-19 Oktober 2014 yang diselenggarakan oleh University of Malaya sebagai tuan rumahnya.

Menurut suber berita yang dilangsir dari  http://umconference.um.edu.my/apacph2014=, oral abstrak yang dipresentasikan oleh dokter Luthfi diberi judul  “DETERMINANTS OF ELDERLY SUICIDE INCIDENT IN DISTRICT GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA, INDONESIA YEAR 2011 – 2012”  karya dari Pariawan Lutfi Ghazali, Ilma Putri Dewanti, Ida Rochmawati, Public Health, Faculty of Medicine, Islamic University of Indonesia, Indonesia.

“Ada hubungan yang signifikan secara statistik antara usia, pekerjaan dan jenis penyakit dengan insiden bunuh diri pada orang tua di Gunungkidul . Dengan demikian dapat digunakan sebagai dasar untuk program pencegahan bunuh diri yang dilakukan khusus pada orang tua sehingga orang dapat dikendalikan , dipelihara , tidak bunuh diri dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya”, kata dokter Luthfi dalam kesimpulan abstraknya.

Mengapa FK UII ada di APACPH ?, dokter Luthfi menjelaskan bahwa APACPH merupakan organisasi non-profit internasional yang terdaftar di Honolulu, Amerika Serkat sebagai “501©(3) corporation”, yang beranggotakan perguruan tinggi besar dan berpengaruh di bidang Kesehatan Masyarakat di kawasan Asia-Pasifik dan bertujuan untuk memperbaiki pendidikan profesional kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan dokter IKM  FK UII ini, tentang APACPH,  organisasi ini didirikan pada tahun 1984 dan memiliki lebih dari 81 lembaga anggota di 23 negara di seluruh wilayah Asia-Pasifik dengan kantor wilayah di Bangkok, Beijing, Brisbane, Hawaii, Malaysia dan Tokyo.

“Departemen IKM FK UII saat ini sedang dalam proses verivikasi untuk menjadi anggota APACPH”, katanya. Wibowo