Dosen FK UII Presentasi Poster Karya Ilmiah nya di Songdo Korea Selatan

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News-15/05) – Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, kembali mengukir prestasi dengan karya ilmiahnya lewat poster yang dipresentasikan di Songdo Korea Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Dr.dr. Farida Juliantina Rachmawaty, M.Kes., yang merupakan dosen tetap UII,sepulang dari acara ‘’10th International Symposium on Antimicrobial Agent and Resistance (ISAAR) yang merupakan acara 2 tahunan. Acara yang ke-10 ini diselenggarakan di Songdo Korea Selatan yang bertempat di Songdo Convensi A dengan jadwal Symposium yang   berlangsung pada hari Kamis-Jum’at, 14-15 Mei 2015 / 24 – 25 Rajab 1436 H.

Diceritakan oleh Dosen strata 3 FK UII ini bahwa Kota Songdo merupakan kota masa depan yang dibangun oleh pemerintah Korea Selatan. Kota ditata dengan sangat rapi dan gedung-gedung yang menjulang tinggi. “Penduduknya sangat dinamis dan tetap bekerja walaupun usia >60 tahun dengan kondisi yang sehat”, demikian kata dokter Farida.

Lebih lanjut Dosen yang juga Kepala Laboratorium Riset FK UII menambahkan bahwa dalam acara symposium kali ini, materi yang dibahas banyak mengetengahkan tantangan masa depan, tentang semakin banyaknya bakteri yang resisten terhadap antibiotik

“Saat ini semakin banyak bakteri yang resisten terhadap antibiotik, sebagai contoh bakteri Salmonella typhi yang resisten terhadap ciprofloxasin mencapai 90% di Asia, dan masih banyak lagi bakteri yang resisten terhadap pengobatan yang ada”, demikian penjelasannya.

Untuk itulah maka Dosen Tetap FK UII, selaku perwakilan dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) mempresentasikan poster hasil karya ilmiahnya dengan judul “Comparation of Antimybacterium Activity between Methanol and Chloroform Fraction of Ethanol Extract against Mycobacterium tuberculosis. Wibowo/Tri