Dokter Erlina, Presentasi Poster tentang Diabetes di Singapura

  • Diposkan oleh

Kualalumpur (UII News) – Obesitas adalah masalah serius yang dihadapi oleh negara-negara maju dan negara berkembang di dunia . Obesitas merupakan faktor risiko untuk pengembangan resistensi insulin dan diabetes mellitus yang  dapat menimbulkan penyakit progresif atau cadiovascular .

Materi tersebut merupakan presentasi poster nya yang  disampaikan oleh dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD (Kaprodi)  yang diberi judul “Correlation Between Serum Free Fatty Acid (FFA) Levels With Insulin Resistance Determined by homa Ir Index In Obese Patients” saat mengikuti acara kongress federasi diabetes internasional ke 10 pada hari Jum’at – Senin, 28 – 30 Muharam dan 1 Shafar 1436 bertepatan dengan tanggal 21 – 24 November 2014 di SUNTEC Singapura dengan tema 10 th International Deabetes Federation – Western Pacific region Congress, Forging Towards A New Horison In Diabetes .

Ditambahkan dokter Erlina dalam  presentasi ini menyebutkan sumbernya dari beberapa penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa negara obesitas , peningkatan lipolisis , dan meningkatkan adipokines , termasuk asam lemak bebas ( FFA ) , ini diduga menyebabkan kondisi yang buruk , terutama peningkatan resistensi insulin yang dapat berkembang menjadi diabetes mellitus pada pasien obesitas .

“Intinya dari presentasi poster ini adalah membahas pencegahan sampai penatalaksanaan ataupun komplikasi diabetes”, katanya. Wibowo