Deteksi Dini Penyebaran Sel Kanker dengan Flow Cytometry

bd indonesia fk uii

Yogyakarta, FK UII – Flow cytometry adalah suatu teknik yang digunakan untuk menganalisis jenis-jenis sel yang terdapat pada suatu populasi sel. Penggunaan flowcytometri telah berkembang pesat selama 30 tahun terakhir, dimulai dari suatu alat teknik laboratorium yang rutin digunakan oleh ahli patologi dan ahli imunologi untuk diagnosa dan memonitoring pasien dengan penderita kanker sampai penyakit kelainan atau defisiensi sistem imun (penyakit penurunan daya tahan tubuh). Hingga saat ini flowcytometri menjadi salah satu alat penting dalam perkembangan medis maupun penelitian.

Guna mempertajam pengetahuan para dosen dan mahasiswa tentang aplikasi flowcytometri, Fakultas Kedokteran UII mengadakan Mini Simposium BD “Aplikasi Flowcytometri dalam Klinis dan Penelitian”. Acara ini digelar pada hari Kamis 10 Dzulka’idah 1438 H/03 Agustus 2017 mulai pukul 13.00 WIB di Auditorium FK UII.

Acara ini semakin menarik dengan kehadiran Muhammad Hasan, S.Si., selaku Senior Application Specialist BD Indonesia yang menjadi narasumber dalam acara ini. Bersama dengan Bectun Dickinson (BD) Indonesia dan Fakultas Kedokteran UII, diharapakan acara ini bisa meningkatkan kemampuan para peserta workshop dengan keberadaan flowcytometri di dunia medis. Selain sangat bermanfaat untuk penelitian, alat ini juga memiliki banyak fungsi lainnya. Misalnya mampu mendeteksi dini ketika di dalam tubuh muncul sel baru yang tidak diinginkan dan berbahaya seperti kanker.

Farah/Tri

FKUII Mobile

Download Aplikasi Android FKUII Mobile  untuk update terbaru Berita dan Pengumuman Akademik.

Download dari PlayStore