DEPARTEMEN PARASITOLOGI

Fakultas Kedokteran Universits Islam Indonesia

 

Profil Departemen parasitologi

Parasitologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang semua organisme parasit. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kini parasitologi tidak hanya terbatas mempelajari organisme  parasite meliputi: protozoa, helmint, arthropoda dan insekta, baik yang zoonosis ataupun antroponis tetapi juga mencakup pengkajian terhadap genetika, taksonomi, morfologi, siklus hidup masing-masing parasit, patologi dan epidemiologi penyakit yang ditimbulkannya. Organisme parasite adalah organisme  yang  hidupnya bersifat parasitis; yaitu hidup yang selalu merugikan organisme yang ditempatinya (hospes).

Departemen Parasitologi FKUII mengembangkan pendidikan, pengajaran dan penelitian. Pengajaran Parasitologi bagi mahasiswa sarjana kedokteran dilaksanakan secara terpadu karena Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Metode pembelajaran parasitologi tidak hanya dilaksanakan dengan kuliah tetapi juga praktikum dan diskusi tutorial.

Tujuan pengajaran parasitologi, dalam hal ini di antaranya adalah mengajarkan tentang siklus hidup parasite serta aspek epidemiologi penyakit yang ditimbulkannya. Dengan mempelajari siklus hidup parasit, kita akan dapat mengetahui bilamana dan bagaimana kita dapat terinfeksi oleh parasit, serta bagaimana kemungkinan akibat yang dapat ditimbulkannya. Selanjutnya ditunjang oleh pengetahuan epidemiologi penyakit, kita akan dapat menentukan cara pencegahan dan pengendaliannya. 

Pembelajaran parasitologi didapatkan mahasiswa melalui kegiatan praktikum, kuliah pakar dan diskusi tutorial. Demi menunjang terlaksananya kegiatan praktikum departemen parasitologi memiliki  mikroskop yang dapat digunakan secara individual dan preparat parasitologi dari berbagai macam jenis protozoa, helminth dan arthropoda. Departemen parasitologi juga memiliki fasilitas penunjang untuk kegiatan penelitian baik untuk internal FK UII maupun untuk eksternal. Untuk kegiatan ini, Laboratorium Parasitologi memiliki peralatan; mikroskop binokuler, trinokuler, disecting mikroskop, optilab, timbangan analitik, dan fasilitas insektarium.

 Pembelajaran departemen parasitologi tersebar pada beberapa blok, seperti pada blok infeksi (2.2), blok masalah pada anak (3.2) dan blok masalah pada dewasa 1 (3.4). Materi praktikum yang tercakup dalam blok 2.2 adalah terkait bidang entomologi yang berisi tentang nyamuk sebagaivektor. bidang protozoa yang dititikberatkan terkait morfologi plasmodium. Bidang helmintologi terkait materi filarial dan sistosoma, beserta pemeriksaan feses yang terkaitinfeksi cacing usus. Materi praktikum blok 3.2 berisi tentang helmintologi yaitu: nematode usus, cestoda beserta bidang  protozoa yaitu protozoa usus. Materi praktikum blok 3.4 berisi tentang artropoda yang meliputi scabies dan pedikulus.

Layanan

  1. Pemeriksaan sampel malaria
  2. Pemeriksaan feses
  3. Uji resistensi insektisida (hayati dan biokemis)

 

Informasi terbaru Departemen parasitologi

  1. Workshop Multiplex Real Time PCR untuk deteksi virus Zika, Chikungunya dan dengue
  2. E-learning Parasitologi

 

Staf Departemen Histologi

Ketua : Novyan Lusiyana, dr., MSc

Staf      : Sitti Isti’anah, dr., MSc

  Fitria Siwi N, dr., MSc

              Nur Aisyah Jamil, Amd

_____________________________________________________________________________________

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi :

Departemen Parasitologi

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telepon : (0274) 898580 ext 2060

Fax : (0274) 898580 ext 2007