Sejarah Departemen Biokimia FK UII

Departemen Biokimia FK UII didirikan pertama kali pada tahun 2001 bersamaan dengan berdirinya FK UII. Laboratorium biokimia pertama kali digunakan pada tahun 2001 oleh angkatan pertama dengan memanfaatkan laboratorium kimia dasar FTI UII sampai tahun 2002. Pada tahun 2003 kegiatan praktikum dipindahkan ke laboratorium terpadu UII. Pada masa itu departemen biokimia dipimpinan oleh Prof. Dr. HM. Ismadi dibantu oleh dr. Syaefudin Ali Akhmad, MSc. Dalam kepemimpinan Prof. Ismadi ini Departemen Biokimia fokus pada kegiatan praktikum dan pendidikan dalam penyusunan kurikulum blok dan pengajaran dalam kuliah pakar. Penelitian dan pengabdian belum banyak dilakukan hanya sebatas penelitian untuk KTI mahasiswa.

Kepemimpinan di Departemen Biokimia dilanjutkan oleh dr. Syaefudin Ali Akhmad pada tahun 2007 karena meninggalnya Prof Ismadi setelah sakit beberapa hari di rumah sakit. Kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh Prof. Dr. Wiryatun Lestariana, MS, Apt karena beberapa staf muda melanjutkan studi. Pada periode kepemimpinan Prof. Wiryatun berlangsung sejak tahun 2008 sampai saat ini dengan banyak prestasi yang diperoleh seperti HIBAH BERSAING DIKTI, Dosen Biokimia Juara 2 Presentasi Poster di FIMA Malaysia dan Juara Satu di FK UNIKA ATMAJAYA. Jumlah staf biokimia saat ini berjumlah 5 orang.

Sejak tahun 2013 laboratorium biokimia FK UII berpindah ke laboratorium terpadu FK UII dengan fasilitas gedung baru dan peralatan baru bersama dengan laboratorium research FK UII dan 8 laboratorium lainnya (foto).

Staf Biokimia FK UII

  1. Prof. Dr. Wiryatun Lestariana, MS, Apt,
  2. dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc,
  3. dr. Asri Hendrawati, M.Sc,
  4. dr. Rizki Fajar Utami, M.Sc,
  5. dr. Edy Fitriyanto, M.Gz

Topik Penelitian

  1. Diabetes Mellitus
  2. Polimorfisme
  3. Genomic
  4. Gizi/Nutrisi
  5. Nutrigenomik
  6. Kuarsetin
  7. Obesitas

Output

Beberapa link berikut ini bisa diakses untuk mengunduh berbagai publikasi dan prestasi Departemen Biokimia FK UII, pengabdian, hasil penelitian dan berbagai kegiatan ilmiah yang diikuti oleh staf Biokimia FK UII. Beberapa output meliputi hal berikut ini;

  1. Publikasi ilmiah
  2. Perolehan Hibah DIKTI
  3. Presentasi Ilmiah
  4. Keterlibatan dalam Organisasi PBBMI
  5. Pengabdian