Sejarah Departemen Anestesi dan Reanimasi FK UII

Departemen Anestesi dan Reanimasi FK UII didirikan pertama kali pada tahun 2001 bersamaan dengan berdirinya FK UII. Departemen ini  pertama kali dipimpin oleh Dr. Med. dr. Untung Widodo, Sp.An, KICT pada tahun 2001. Pada masa pendirian Departemen Anestesi dan Reanimasi masih berfokus pada kegiatan tutorial dan pendidikan dalam penyusunan kurikulum blok dan pengajaran dalam kuliah pakar. Penelitian dan pengabdian belum banyak dilakukan dan hanya sebatas penelitian untuk KTI mahasiswa. Prestasi tebaik di raih oleh dosen Anestesi FK UII sebagai juara 1 poster ilmiah seminar internasional Bioetik Islam di FK UII 2015.

Profil

Departemen Anestesi dan Reanimasi merupakan salah satu departemen di bawah Departemen klinik Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK UII yang bertujuan mendukung visi dan misi Fakultas Kedokteran FK UII, yaitu sebagai institusi yang rahmatan lil ‘alamin, melalui upaya catur dharma, yaitu pendidikan, pengabdian masyarakat, penelitian, dan dakwah di bidang kesehatan Anestesi dan Reanimasi.

 

Pada tingkat pendidikan sarjana, Departemen Anestesi dan Reanimasi menyelenggarakan pendidikan Anestesi dan Reanimasi melalui sistem problem based learning (PBL), baik itu melalui tutorial maupun kuliah pakar, sehingga terintegrasi dengan cabang ilmu-ilmu kedokteran lainnya. Pada tahapan pendidikan profesi, Departemen Anestesi dan Reanimasi menyelenggarakan pendidikan keprofesian melalui kerja praktek di Rumah Sakit Jejaring FK UII. Proses pendidikan tahap profesi dilakukan selama 4 minggu, di bawah bimbingan dosen-dosen pendidik klinis.

 

Penelitian-penelitian berkualitas di bidang Anestesi dan Reanimasi juga senantiasa dikembangkan melalui pemanfaatan perkembangan teknologi kedokteran, serta pengembangan kerjasama dengan berbagai institusi dan berbagai displin ilmu. Peningkatan kualitas pendidikan selalu dilakukan melalui berbagai kegiatan pelatihan workshop, seminar, dan presentasi dalam berbagai forum ilmiah baik itu di dalam maupun di luar negeri. Pelayanan kesehatan profesional juga terus dikembangkan dalam rangka mengemban amanat umat, yaitu pemenuhan kebutuhan pelayanan yang berkualitas di bidang Anestesi dan Reanimasi. Dakwah Islam yang berkelanjutan terus dilakukan terkait ilmu kesehatan mata, melalui integrasi perkembangan ilmu kedokteran dengan nilai-nilai Al Qur’an dan Al Hadits.

 

Staf Departemen Anestesi dan Reanimasi FK UII

  1. Med. dr. Untung Widodo, Sp.An. KIC
  2. dr. Yusuf Hisyam, MSc. Sp.An
  3. dr. Muhammad Hafidin Ilham, Sp.AN

 

Topik Penelitian

  1. Bioetik emergency
  2. Uji Klinis Obat Obat Anestesi

 

Output

Beberapa link berikut ini bisa diakses untuk mengunduh berbagai publikasi dan prestasi Departemen Anestesi dan Reanimasi FK UII, pengabdian, hasil penelitian dan berbagai kegiatan ilmiah yang diikuti oleh staf Departemen Anestesi dan Reanimasi FK UII. Beberapa output meliputi hal berikut ini;

  1. Publikasi ilmiah
  2. Perolehan Hibah DIKTI
  3. Presentasi Ilmiah
  4. Keterlibatan dalam Organisasi IDSAI
  5. Pengabdian

 

Dokumen

Sasaran Mutu Unit Baru Departemen Anestesi
Pencapaian WT-Anestesi
Proker Anestesi 2017