Sejarah Departemen Anatomi FK UII

Departemen Anatomi FK UII didirikan pertama kali pada tahun 2001 bersamaan dengan berdirinya FK UII. Laboratorium anatomi pertama kali digunakan pada tahun 2001 oleh angkatan pertama dengan memanfaatkan bangunan baru di dekat lapangan basket dan di samping asrama takmir masjid. Pada masa itu Departemen Anatomi oleh dr. Zainuri Sabta Nugroho MSc. Dalam kepemimpinan dr. Zainuri Departemen Anatomi masih berfokus pada kegiatan praktikum dan pendidikan dalam penyusunan kurikulum blok dan pengajaran dalam kuliah pakar. Penelitian dan pengabdian belum banyak dilakukan dan hanya sebatas penelitian untuk KTI mahasiswa.

Kepemimpinan di Departemen Anatomi dilanjutkan oleh dr. Kuswati Msc dikarenakan kepala departemen sebelumnya harus studi lanjut. Prestasi yang paling menggembirakan adalah juara 1 poster terbaik dalam forum Simposium Nasional Perhimpunan Ahli Anantomi Indonesia (PAAI). Sejak tahun 2013 laboratorium anatomi FK UII berpindah ke laboratorium terpadu FK UII dengan fasilitas gedung baru dan peralatan baru bersama  dengan laboratorium research FK UII dan 8 laboratorium lainnya (foto). Fasilitas baru tersebut adalah preparat plastinasi untuk museum anatomi.

 

Staf Anatomi FK UII

  1. dr. Zainuri Sabta Nugraha, M.Sc
  2. dr. Etty Sari Handayani, M.Kes
  3. dr. Kuswati, M.Sc

 

Laboran

  1. Guntoro
  2. Giyono

 

Topik Penelitian

  1. Neuroscience
  2. Degenerasi

 

 

Output

Beberapa link berikut ini bisa diakses untuk mengunduh berbagai publikasi dan prestasi Departemen Anatomi FK UII, pengabdian, hasil penelitian dan berbagai kegiatan ilmiah yang diikuti oleh staf Anatomi FK UII. Beberapa output meliputi hal berikut ini;

  1. Publikasi ilmiah
  2. Perolehan Hibah DIKTI
  3. Presentasi Ilmiah
  4. Keterlibatan dalam Organisasi PAAI
  5. Pengabdian