CHRONIC (Current Update of Hypertension & Diabetic)

berita chronic

Yogyakarta, FK UII – Guna memenuhi syarat kelulusan mahasiswa profesi tingkat akhir, kali ini Fakultas Kedokteran UII mengadakan simposium nasional mengenai perkembangan terkini penyakit hipertensi dan diabetes.

Salah satu alasan terselenggaranya acara ini, yaitu rasa kepedulian para mahasiswa Fakultas Kedokteran UII dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengidap hipertensi dan diabetes. Ternyata kedua penyakit ini bukan hanya dapat disebabkan oleh faktor usia dan faktor keturunan. Melainkan bisa juga disebabkan oleh pola makan dan pola hidup yang kurang baik.

Acara yang diselenggarakan pada hari Ahad 20 Dzulka’idah 1438 H / 13 Agustus 2017 bertempat di Ballrom Hotel Alana Yogyakarta ini, mengangkat tema “Improving quality of life for people with crhonic diseases, thus creating a better future”.

Bersama para expert yang menjadi pembicara dalam acara ini. Selain bertujuan memberikan ilmu dan motivasi hidup untuk para pengidap penyakit kronis. Diharapkan melalui para dokter umum yang mengikuti simposium kali ini, mereka yang telah mengidap penyakit akut menjadi lebih produktif lagi dan tidak menyesali apa yang telah terjadi pada dirinya. Karena setiap tahunnya penderita hipertensi dan diabetes terus meningkat. Bahkan berdasarkan badan kesehatan dunia (WHO), tahun lalu Indonesia menempati urutan ke-7 penderita diabetes mellitus dengan jumlah penderita kurang lebih 10 juta orang. Bahkan penderita diabetes di Indonesia bukan hanya di Indonesia bukan hanya dari golongan orang lanjut usia saja, namun anak kecil hingga orang dewasa juga tidak kalah banyak.

Farah/Tri