Bakti Hari Gizi Nasional FKUII 2011

  • Diposkan oleh
Kegiatan yang bertajuk “Bakti Hari Gizi Nasional FK UII 2011” ini dilaksanakan dalam dua rangkaian acara serta waktu yang berbeda namun tidak mengubah esensinya.  Acara bakti sosial yang dikemas dalam satu wadah dengan peringatan hari gizi ini dilakukan di daerah dusun jambusari, kelurahan wonokerto,sleman yogyakarta pada 26 februari 20011.
 
Adapun tujuan dari acara ini adalah menciptakan keluarga sadar gizi untuk masyarakat mandiri dan hidup sehat serta mengingatkan lingkungan sekitar kita untuk berbagi. Rangkaian kegiatan yang pertama adalah “Gerakan Antasari”. Gerakan antasari merupakan sebuah gerakan menggalang  dana yang dilakukan oleh seluruh anggota panitia dari mahasiwa-mahasiswi fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia, dalam kegiatan ini kita bergerak cepat dengan sasaran seluruh warga serta civitas akademika di Universitas Islam Indonesia. Antasari itu sendiri sebagai sebuah lambang rupiah dengan nominal 2000 yang wajib di sumbangkan saat gerakan antasari ini. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 19 – 22 Februari 2011 ini berjalan cukup lancar. Apalagi saat kami menggalang dana di Tugu Yoyakarta, acara semakin semarak dengan kehadiran artis Peppy yang kebetulan sedang syuting sehingga cukup membantu kami untuk menarik perhatian masyarakat. Gerakan yang disimbolkan dengan antasari ini diharapkan sukses merauk hasil yang sebanyak-banyak sebagai penggambaran betapa pedulinya mahasiswa-mahasiswi terhadap kegiatan bakti sosial serta bentuk kepedulian terhadap sesama.
 
Untuk kegiatan yang kedua adalah acara puncak “Pembagian Paket gizi dan Perlombaan anak-anak” . Kegiatan ini dilaksankan pada waktu yang berbeda, tepatnya pada tanggal 26 februari 2011. Ini adalah acara puncak dari rangkaian kegiatan “Bakti Hari Gizi Nasional FK UII 2011”. Beberapa rangkaian acara yang telah disusun pada acara puncak ini yaitu sesi pertama yang di mulai dari jam 09.00 wib pagi dengan penyuluhan tentang masalah gizi pada balita, tanya jawab dan pembagian doorprize yang bertujuan agar  para ibu-ibu yang memiliki balita senatiasa tertarik dengan acara ini. Acara terakhir kemudian ditutup dengan pembagian bubur untuk para balita yang sebelumnya dilakukan pengukuran status gizinya.
Sesi kedua yaitu makan bersama ibu-ibu dan balita sekitar dusun jambu sari yang spesial dimasakan oleh ibu dukuh beserta jajarannya. Setelah itu istirahat sholat dan lain-lain yang dilanjutkan dengan perlombaan anak-anak yang diadakan dilapangan voley.  Dimulai pukul dua siang, suasananya begitu ceria bersama anak-anak kecil yang penuh tawa, diiringi musik dangdut dan suara harmonika yang ditiupkan pak dukuh jambusari ini. Dimulai dengan perlombaan kelereng yang ditaruh di atas sendok dilanjutkan dengan memasukan pensil dalam botol hingga joget balon. Dan sampai akhirnya di perlombaan terakhir adalah memukul air dengan mata tertutup dan masih ada lagi yaitu acara puncak perlombaan adalah lomba tarik tambang.
Hingga sampailah dipenghujung acara yaitu pembagian hadiah yang berisi buku dan alat tulis lainnya yang diberikan pada pemenang lomba, agar tidak menyisakan kekecewaan pada anak-anak yang tidak memenangkan lomba, panitia mengantisipasi dengan menyiapkan doorprize bagi siapa yang bersedia menanyanyi di depan teman-temannya serta makanan kecil yang dibegikan untuk semuanya.
Alhamdulillahhirabilaalamin rangkaian kegiatan “Bakti Hari Gizi Nasional FK UII 2011” berjalan dengan lancar. Terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia, teman-teman donatur yang telah berbaik hati mengikhlaskan sebagian rezeki untuk kegiatan ini dan tak lupa pula beribu terima kasih kepada Kepala  dukuh beserta ibu juga seluruh warga dusun jambusari atas partisipasi dan sambutan yang hangat sehingga berlangsungnya segala rangkaian acara ini. Semoga apa yang telah kita kerjakan mendapat hikmah dan barakah dari Allah SWT. Amin ya rabb 😀