Akan mendirikan FKIK, UIN Raden Fatah Palembang Studi Banding ke FK UII

  • Diposkan oleh

Kaliurang (FK UII) – Kembali FK UII mendapat kepercayaan sebagai tujuan studi banding dari institusi pendidikan lain. Pada Hari Kamis 19 Maret 2015 di Auditorium Lt 1 FK UI kedatangan tamu dari UIN Raden Fatah Palembang dalam rangka studi banding terkait dengan rencana mereka mendirikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Rombongan tamu dari UIN Raden Fatah Palembang disambut langsung oleh Dekan, Ketua dan Sekretaris prodi, Koordinator UPPM, serta Ketua Departemen Klinik dan Pre Kilinik FK UII. Nampak juga hadir dalam acara tersebut dua Guru Besar FK UII Prof. Dr. dr. Soewadi, MPH., Sp.KJ(K) dan Prof Dr. Barmawi Hisyam, Sp.PD. Sementara rombongan tamu dari UIN Raden Fatah Palembang terdiri dari 5 orang, yaitu Prof. Dr. H. M. Sirozi, M.A, Ph.D (Wakil Rektor I), Prof. Dr. dr. Mgs. H. Usman Said, SpOG (K) (Konsultan Pendirian FKIK), Dr. dr. Kemas Ya’kub R., Sp.PK., M.Kes (Tim Pendirian FKIK) Dr. dr. Legiran, M.Kes (Tim Pendirian FKIK), dan Elfira Rosa Pane, M.Si (Tim Pendirian FKIK).

Dalam penyampaian maksud dan tujuannya, Prof. Dr. H. M. Sirozi, M.A, Ph.D sebagai wakil rombongan menjelaskan bahwa mereka melakukan studi banding ke dua institusi yaitu FK UGM dan FK UII. “Kami juga memilih FK UII karena selain kualitas, FK UII memiliki keunggulan lain yaitu nilai-nilai keislaman. Hal ini sesuai dengan institusi kami yang juga berlabelkan Islam, “ demikian ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutannya selain mengucapkan terima kasih atas kepercayaan UIN Raden Fatah Palembang kepada FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes., Sp.PK selaku Dekan FK UII menyampaikan bahwa FK UII walaupun masih relatif muda usianya dibandingkan dengan FK di institusi lain seperti UGM dan yang lainya, akan tetapi untuk kualitas tidak kalah. “FK UII berdiri tahun 2001, jadi sekarang usianya kurang lebih 14 tahun. Namun demikian Alhamdulillah berkat dukungan seluruh elemen baik fakultas maupun universitas, walaupun dengan usia relatif muda itu kami sudah bisa memiliki kualitas dan prestasi yang baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan diperolehnya akreditasi A dan tingginya animo calon mahasiswa yang mendaftar ke FK UII,”begitu terangnya.

Selain itu dalam presentasinya, dr. Linda Rosita, M.Kes., Sp.PK juga menjelaskan bahwa dari sekitar 75 FK di Indonesia baru 17 FK yang terakreditasi A, lima diantaranya adalah FK swasta dan FK UII adalah salah satunya. Selanjutnya beliau juga menyampaikan tentang dimasukkannya nilai-nilai keislaman dalam kurikulum pendidikan di FK UII.

Selanjutnya dalam acara diskusi Prof Dr. dr. Soewadi, MPH., Sp.KJ(K) menambahkan bahwa pada awal proses pendiriannya sebaiknya diperjelas dulu visi dan misi dari FKIK UIN Raden Fatah Palembang dan diperjelas juga apakah akan mendirikan fakultas atau prodi. Hal ini disebabkan proses pendirian fakultas dan prodi itu berbeda. Masukan ini diterima oleh rombongan tim dan mereka melalui Prof Sirozi menyampaikan bahwa langkah ini masih merupakan tahap awal dan di waktu lain mengharap FK UII masih bisa menerima kunjungan dari UIN Raden Fatah Palembang sebagai tindak lanjut dari proses pendirian FKIK ini.

Acara studi banding diakhiri dengan kunjungan ke fasilitas pendidikan di FK UII diantaranya ruang keterampilan medik, ruang OSCE, ruang tutorial, lab.kom, perpustakaan, dan laboratorium. Tepat pukul 13.30 WIB setelah kunjungan ke laboratorium rombongan mohon pamit karena akan segera pulang menuju Palembang. (AK)