Ada KANCIL di LEM FK UII

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – KANCIL adalah singkatan dari (Know Afta Now, To Create Intelectual Person Tomorrow), KANCIL merupakan kajian umum terkait isu-isu penting  yang diselenggarakan oleh program kerja dari Departemen Kajian Strategi dan Advokasi (Kastrad) Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Fakultas Kedokteran UII, dengan mengusung tema kegiatan yaitu “AFTA dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi, Hukum, Industri, dan Pelayanan Kesehatan”.

Hal itu dijelaskan oleh Ketua Panitia, Achmad Bima Aryaputra, saat acara KANCIL berlangsung di auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta pada hari Ahad, 11 Januari 2015 atau  20 Rabi’ul Awal 1436 H yang dihadiri oleh seleruh Pengurus DPM dan LEM FK UII serta mahasiswa FK UII, FK UGM, FK UMY, serta FK UKDW.

Menurut Bima, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka melakukan kajian dan advokasi terhadap persoalan-persoalan non akademis yang didapati efeknya oleh masyarakat. Departemen Kastrad mengkaji tentang suatu hal non akademis yang memiliki efek baik langsung maupun tidak langsung terhadap mahasiswa Program Studi Kedokteran dan masalah-masalah yang berhubungan dengan regulasi pemerintah terkait secara langsung ataupun tidak langsung terhadap pelayanan kesehatan masyarakat.

“Dengan adanya Kajian Umum, mahasiswa akan mendapatkan pemikiran dan sudut pandang baru dalam menanggapi suatu masalah. Selain itu, Kajian Umum akan memunculkan nama LEM FK UII di tingkat universitas dengan mengundang mahasiswa dari fakultas lain untuk membahas sebuah masalah bersama multidisiplin.”

Dalam acara tersebut,  Kancil menghadirkan para narasumber diantaranya adalah Abdul Hakim, SE., M.Ec, Ph.D, yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengaruh AFTA terhadap sektor hukum, sementara itu dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes, Sp.S memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengaruh AFTA terhadap sektor pelayanan kesehatan. Wibowo