78 Calon Koas Ucapkan Janji Dokter Muda

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_7694.jpg

 

Caption : Segenap Calon Koas PSPD FK UII Mengucapkan Janji Dokter Muda sebelum memasuki proses Pendidikan Klinik. (Photo : Wibowo)

Kedokteran (UII News) – Memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi lagi, belajar dengan pasien yang sesungguhnya, serta berinteraksi dengan para guru/dosen tenaga medis di Rumah Sakit, maka segenap mahasiswa Pendidikan Klinik Program Studi Pendidikan Dokter wajib mengikuti prosesi pengucapan Janji Dokter Muda di hadapan Direktur Rumah Sakit yang akan di gunakan sebagai wahana praktek selama proses pendidikan klinik / koas berlangsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pantia Penyelenggara, dokter M.Syukron Fauzi, saat pelaksanaan kegiatan berlangsung di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof.Dr.Sardjito, MD lantai 1 sayap barat pada hari Jumat, 29 Sya’ban 1438 H/ 26 Mei 2017 yang diikuti oleh 78 peserta yang di hadiri langsung oleh dr. Dita artningtyas, M.Kes selaku Wakil Direktur Bidang Medik Pendidikan dan Penelitian RSUD dr. Soedono Madiun.

Menurut dokter Dita, bahwa penempatan di RSUD dr. Soedono Madiun adalah sangat tepat sekali, hal ini di karenakan RSUD Madiun sudah memiliki akreditasi secara Paripurna sebagai Rumah Sakit Pendidikan FK UII Yogyakarta.

“Manfaatkan fasilitas yang ada, belajar dengan tekun, karena alat-alatanya sudah canggih, sehingga harus professional, karena setiap pasein tidak akan melihat sebagai koas lagi, melainkan akan di lihat sebagai dokter, maka dari itu perlakukanlah sebaik-baiknya, sebagaimana kita ingin di perlakukan”, kata dokter Dita.

Sementara itu, Dekan FK UII, dokter Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK mengajak kepada segenap koas untuk bisa mandiri ketika menempuh Pendidikan Klinik di Rumah Sakit, hal ini sangat penting untuk kedewasaan dalam menghadapi berbagai masalah dan tuntutan dalam belajar.

“Kepada orang tua dokter muda, kami mohon untuk mengawal putra-putrinya agar selalu melakukan hal-hal secara mandiri, agar nantinya setelah lulus uji kompetensi bisa menjadi dokter yang mandiri, siap menyehatkan masyarakat di tempat manapun dan kapanpun”, demikian pesan Dekan FK UII kepada para dokter muda. Wibowo