3 Inovasi Mahasiswa Kedokteran Boyong Medali ke Universitas Islam Indonesia

Gambar dari kiri ke kanan, atas: Rahmadani Sasongko, Sifa Anisa Yaoma, Muhammad T Machfudz, Annisa Tristifany, Wildan Jauhar. Bawah: Rizky Rizani, Muhammad Nur Imansyah, dan Ullinuha Khirza Kafalah.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia raih penghargaan dalam acara Seoul International Invention Fair (SIIF) 2017. Acara yang bertempat di COEX Samsung-dong, Gangnam , Seoul, Korea Selatan ini diselenggarakan pada tanggal 30 November – 1 Desember 2017. Dari beberapa medali yang didapatkan oleh Indonesia, tiga diantaranya berasal dari tim mahasiswa FK UII. Selain meraih medali, mahasiswa FK UII juga meraih tiga special award.

Tim pertama yang beranggotakan Muhammad Nur Imansyah, Annisa Tristifany, Naufal Abdurrahman, Siska Marina, dan Rima Nur Rahmawati dengan barang inovasi “Portabox” sebuah box portable and adjustable yang mampu membawa vaksin, darah, atau sampel penelitian lain mendapatkan satu medali perunggu dan satu penghargaan spesial dari Taiwan. Tim kedua juga berhasil membawa pulang medali perunggu dan satu penghargaan spesial dari Vietnam. Adapun anggota tim tersebut adalah Ulinnuha Khirza Kafalah, Nazhifah Junia, Muhammad T Machfudz, dan Wildan Jauhan dengan inovasi sebuah plester yang mampu mempercepat penyembuhan luka dengan bahan dasar kitosan (limbah udang). Inovasi “Shrimp Waste Egg with High Omega-3” dari tim ketiga dengan nama inovator Sifa Anisa Yaoma, Rahmadani Sasongko, Rizky Rizani, dan Helmi Zunan Tanuwijaya berhasil mendapatkan satu medali perak dan satu special award dari Thailand. (RS)

Iman/Tri